Festival Seni Pulau Kisar

Tanggal Terbit: 05 November 2018 Penulis: Media Hekaleka Kategori: Pendidikan

Berikan kepercayaan kepada anak maka dia akan percaya diri, mandiri dan kreatif.

Pada Sabtu, 27 Oktober 2018, para orangtua dan guru mengantarkan anak-anaknya ke Festival Seni di Aula SDK Wonreli. Menyaksikan semangat orangtua yang penuh kesadaran ingin melihat anak-anaknya maju menunjukkan energi positif dari keterlibatan orangtua dalam pendidikan.

Pagi itu, dalam Festival Seni, anak-anak bernyanyi, mendengar dongeng dari kakak Mais Dohoklory dan belajar menciptakan hal baru dari percampuran bahan pewarna, air dan sunlight. Seperti magic, saat meniup sedotan pada gelas berisi berwarna akan terbentuk gelembung yang bila kertas ditempelkan akan menghasilkan karya dari perpaduan warna menakjubkan.
Anak-anak tidak ragu melakukannya seorang diri. Kadang dibantu juga oleh beberapa orangtua atau pendamping karena perlu sedikit arahan.

Kegiatanpun dilanjutkan dengan membatik pada kain putih dengan cara mencelupkan kain ke dalam air berwarna. Sederhana, menyenangkan namun banyak manfaatnya.
Melalui kesempatan ini, anak-anak dikenali konsep warna, proses membuat karya, textur dan fungsi air. Mereka juga belajar menumbuhkan rasa percaya diri, keberanian dalam mencoba dan kemandirian.

Tidak pernah ada hal yang sederhana dan seadanya ketika berproses bersama anak-anak ini. Sekecil apapun, ketika dibantu untuk dimaknai dengan sungguh, akan menjadi sebuah proses pembelajaran yang berharga bagi mereka.
Semoga mereka dapat bertumbuh menjadi orang-orang yang mandiri dan berani bekreasi.

Dari Bumi Yotowawa, Salam Kisar Cerdas.

Salam Maluku Cerdas.