Kelas Teater bersama Tante Nel Lekatompessy dari DELTADUA

Tanggal Terbit: 05 November 2018 Penulis: Media Hekaleka Kategori: Pendidikan

Dunia Teater seringkali dikenali hanya untuk orang-orang yang berakting di atas panggung. Padahal Kekuatan Bahasa tubuh, mimik dan suara sangat besar pengaruhnya dalam komunikasi.

Hari ini Tante @Nel Lekatompessy dari Delta Dua mensharingkan manfaat dari drama dalam komunikasi dan kesehatan tubuh bagi beberapa penggerak pendidikan di Maluku. Secara psikologi, bilamana seseorang memiliki banyak tekanan/stress, reaksi tubuh akan menyimpan tekanan juga akibatnya tubuh akan mudah lelah, tegang, kurang bersemangat dan lain-lain. Tanpa sadar, hal ini akan mempengaruhi seseorang dalam berkomunikasi. Misalnya penyampaian informasi yang tergesa-gesa, tidak jelas atau kaku..
Dalam kelas kali ini, mulailah kami melakukan relaksasi sederhana dengan latihan mengatur pernafasan, ekpresi wajah dan emosi serta olah tubuh. Sebagai pemula rasanya aneh. Tetapi setelah beberapa kali mencoba tubuh menjadi rileks.
Bukan itu saja, kamipun melatih bagaimana menyampaikan informasi kepada orang lain khususnya anak-anak dengan menggunakan bahasa tubuh, suara dan mimic. Tujuannya agar dapat menarik perhatian anak dan membawa informasi sampai kepada alam keyakinan anak.

Sebagai contoh saat kami bernyanyi lagu Satu tetes Air susu mama. Pertama bukan lirik yang diajarkan. Tetapi makna dari lagu tersebut. Tante Nell membawa kami pada kesadaran untuk menghargai pengorbanan seorang mama sehingga dalam menyanyikan lagu bisa dengan rasa hormat. Artinya perasaan atau pemaknaan akan sesuatu akan memampukan kita untuj menyampaikan pesan atau berkomunikasi dengan lebih baik.

Terima kasih banyak tante untuk kelasnya yang sangat inspiratif.
Terus belajar dan berkarya.

Salam Maluku Cerdas